Selasa, 01 November 2011

Menghitung IP mahasiswa dan membuat Kartu Hasil Studi dengan menggunakan formula/rumus yang ada.


1.      Mengisi data yang ada pada lembar kerja
2.      Memasukkan formula untuk mencari hasilnya.

keterangan :
a.         Untuk mencari JUMLAH SKOR maka kita masukkan formula : =(C2+D2+2*E2)/4, untuk baris yang berikutnya kita dapat mengcopy rumus  dengan menyorot cell pertama lalu men-drag hingga cell yang di inginkan.
b.        Untuk mencari NILAI PARTISIPASI kita menggunakan formula IF yaitu : =IF(F2=0,10%*G2,IF(F2=1,7.5%*G2,IF(F2=2,5%*G2,IF(F2=3,2.5%*G2,IF(F2>=4,0))))), untuk baris yang berikutnya kita dapat mengcopy rumus  dengan menyorot cell pertama lalu men-drag hingga cell yang di inginkan.
c.         Untuk mencari NILAI ANGKA yaitu dengan mengetikkan rumus : =G2+H2 atau dengan menjumlah nilai partisipasi dan jumlah skor. Dan untuk baris yang berikutnya kita dapat mengcopy rumus  dengan menyorot cell pertama lalu men-drag hingga cell yang di inginkan.
d.        Untuk mencari NILAI MUTU kita dapat menggunakan formula IF dengan mengetikkan rumus : =IF(I2<50,"E",IF(I2<60,"D",IF(I2<70,"C",IF(I2<85,"B",IF(I2>=85,"A"))))), untuk baris yang berikutnya kita dapat mengcopy rumus  dengan menyorot cell pertama lalu men-drag hingga cell yang di inginkan.
e.         Untuk mencari MUTU kita juga menngunakan rumus IF dengan mengetikkan rumus : =IF(J2="A",4,IF(J2="B",3,IF(J2="C",2,IF(J2="D",1,IF(J2="E",0)))))
Dan untuk baris yang berikutnya kita dapat mengcopy rumus  dengan menyorot cell pertama lalu men-drag hingga cell yang di inginkan.
Untuk mencari mutu*sks dengan memasukkan rumus : =K2*B2, untuk baris yang berikutnya kita dapat mengcopy rumus  dengan menyorot cell pertama lalu men-drag hingga cell yang di inginkan.
f.         Sebelum mencari IP mahasiswa kita mencari dulu jumlah dari MUTU*SKS dan jumlah dari SKS.
Untuk mencari jumlah MUTU*SKS kita mengetikkan rumus : =SUM(L2:L10), sedangkan untuk mencari jumlah dari SKS kita juga menggunakan rumus yang sama hanya Range cellnya berbeda, yaitu : =SUM(B2:B10)
g.        Untuk mencari IP, kita membagi hasil dari jumlah mutu*sks dan jumlah sks, sehingga rumusnya : =L11/B11
IP=  =  , predikat kelulusan : baik
h.        Untuk mencari PREDIKAT KELULUSAN kita juga menggunakan rumus IF yaitu : =IF(L12<2,"Tidak Lulus",IF(L12<2.5,"Cukup",IF(L12<3,"Baik",IF(L12<3.5,"Memuaskan",IF(L12>=3.5,"Sangat Memuaskan")))))

0 komentar:

Posting Komentar